Tuesday, January 19, 2016

The power of 20.000

Tips Menabung Tanpa Niat Menabung.    
Lho kok bisa, bagaimana mungkin? Berikut adalah sharing dari saya menjawab pertanyaan di atas. 


          Terinspirasi dari sobekan majalah, (saya menemukannya pada bungkusan gado gado), sekitar 4 bulan yang lalu. Kurang lebih begini isinya: 

Anda ingin menabung, Anda sudah merencanakannya, Anda sudah sisihkan tetapi kok di akhir bulan tidak ada uangnya? Saldo rekening bank tidak bertambah banyak? Lalu bagaimanakah sebaiknya? 
Saya ingin berbagi tipsnya, sangatlah mudah. Siapa saja bisa melakukan. Syaratnya hanya 2 saja: DISLIPIN dan KONSISTEN. Lihat judul di atas, uang kertas 20.000 yg bergambar Otto Iskandar Dinata adalah inti dari proyek tabungan ini. Kenapa 20.000? Nanti akan dijelaskan di bawah. 
Yang harus dilakukan adalah: 

1. Selalu sisihkan uang 20.000 dari kembalian belanja, beli bensin, bayar tol, bayar makan di warung/rumah makan, dll. Ingat ya, tidak boleh sengaja menukarkan uang untuk mencari pecahan 20.000an. Ini yang saya sebut menabung tanpa niat menabung. Harus dari kembalian uang 50.000 atau 100.000an yang kita keluarkan. Setelah dapat 20.000 entah selembar dua lembar, kita simpan baik baik di saku kita. Tidak boleh digunakan untuk pembayaran apapun, wajib disimpan! 


2. Setelah sampai di rumah, simpan uang 20.000 tsb dalam wadah toples plastik transparan atau apapun yg tembus pandang. Supaya terlihat jelas berapa banyak uang 20.000 yg telah dikumpulkan. Taruh toples tersebut di tempat yg mudah terlihat oleh kita sebagai motivasi sebelum meninggalkan rumah. Ada uang 20.000 di tangan masuk saku! 


3. Tidak boleh utak atik uang yang terkumpul dalam toples untuk keperluan apa pun! Tidak juga merencanakan beli sesuatu dari uang tersebut. Ini adalah TABUNGAN MASA DEPAN yg sebenarnya. Tanamkan terus kata kata itu dalam pikiran Anda! 

4. Jadwalkan setiap akhir bulan, bongkar celengan. Hitung jumlahnya lalu setorkan ke bank. Buka tabungan baru, harus rekening baru! Terpisah dari rekening transfer gaji, rekening usaha (kalau Anda pengusaha). Kalau saya buka rekening TABUNGANKU (semua bank ada jenis tabungan ini). Tidak ada biaya adm bulanan. Jadi benar benar kita menabung tanpa ada potongan apapun. 
5. Lakukan langkah 1-4 setiap hari. Ingat ya, disini tidak ada target apapun. Berapapun uang yg terkumpul disetorkan ke bank setiap akhir bulan. Biarpun bulan ini cuma dapat 5 lembar, harus disetorkan. Jangan ditambahkan atau dikurangi, nabung tanpa ada niat nabung. 

Lalu kenapa harus 20.000? Sebenarnya ini adalah nilai psikologis mata uang rupiah kita. Pecahan 20.000 jarang beredar di pasaran untuk pembayaran customer. Untuk uang kembalian banyak. Mesin ATM di negara kita hampir sudah tidak ada yg memuat dominasi 20.000. 

Lalu bagaimana dg pelajar atau mahasiswa yg ingin menabung dg metode ini? Masih bisa dijalankan, toh metode ini tidak menentukan target jumlah tabungan yg akan dicapai. Intinya adalah: begitu ada uang 20.000 di tangan-masukkan saku-masuk celengan-tabung di bank. Simple dan enjoy! 

Sy mau share pengalaman sy berdasarkan metode ini. Sudah 3 bulan sy menjalankan, sekarang masuk bulan ke-4. Bulan pertama 820.000, bulan kedua 640.000, bulan ketiga 540.000. Bulan ini sedang berjalan. "Tanpa sengaja" selama 3 bulan saya sudah mengumpulkan uang sebanyak Rp 2.000.000! Hal yg sangat sulit sy ingin lakukan kalau direncanakan. Sebelum menjalankan metode ini, uang gaji saya mengalir deras gak tau juntrungannya. Ludes! Begitu menjalankan metode ini, sy beli rokok dengan uang 50.000 berharap uang kembalinya ada pecahan 20.000 nya, kalau tidak ada ya gak papa. Gak usah nafsu mengejar 20.000an. Santai aja, yg terpenting DISIPLIN memasukkan uang 20.000 ke celengan dan KONSISTEN setor uangnya ke bank, serta tidak mengutak atik uang 20.000an kita untuk membeli keinginan yg gak perlu.


So Anda tertarik? Ingin mencoba? Cobalah sekarang juga!  

Sumber: 
http://www.thecrowdvoice.com/post/the-power-of-rp-20000-15970160.html


No comments:

Post a Comment